Bawaslu Temukan Praktik Uang yang Dilakukan Timses Caleg DPRD di Probolinggo

Bawaslu Temukan Praktik Uang yang Dilakukan Timses Caleg DPRD di Probolinggo – Satu hari mendekati Pemilu 2019, Tubuh Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo menemukannya perkiraan money politic. Praktek uang ini dikira dijalankan timses satu diantaranya calon legislatif DPRD ditempat.

Perkiraan money politic diketemukan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tiris, Senin (15/4). Perkiraan praktek uang itu dijalankan tersangka berinisial SW serta RB.

Aktor tertangkap tangan oleh petugas waktu membagi-bagikan bingkisan sembako berwujud minyak goreng. Tiap-tiap paket yang diberikan terdiri dalam 4 paket minyak.

Perbuatan bagi-bagi sembako itu berlangsung di RT 17 RW 03, Desa Pedagangan, Kecamatan Tiris. Tidak cuman sembako, petugas Panwascam pula mengamankan beberapa puluh lembar stiker kampanye calon legislatif yang dapat dukungan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Fathul Qorib menyampaikan, ada 16 paket sembako yang sukses ditangkap. Waktu ini tanda bukti itu disimpan di Kantor Panwascam Tiris. Sebelum muncul langkah selanjutnya dari Utama Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Jadi hasil dari cek ke lapangan barusan, bukan OTT namun petugas Panwascam menemukannya perkiraan praktik money politic oleh satu diantaranya team pemenangan satu diantaranya calon legislatif DPRD Kabupaten Probolinggo,” kata Fathul Qorib, Selasa (16/4/2019).

Menindaklanjuti penangkapan itu, Ketua Gakkumdu Kabupaten Probolinggo Nadda Lubis mengakui akan menyelenggarakan rapat pleno terlebih dulu. Sebelum selanjutnya dibuatkan berita acara.

Kalau dari rapat itu diketemukan ada penyimpangan, petugas akan mengerjakan langkah kelanjutan. “Kita akan rapat dahulu atas penemuan Panwascam ini. Bila dapat di buktikan ada penyimpangan seperti tindak pidana tentu akan dilanjut,” pungkas Nadda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*