Beli Hewan Kurban, Warga Diharap Teliti Dengan Perhatikan Hal Berikut

Beli Hewan Kurban, Warga Diharap Teliti Dengan Perhatikan Hal Berikut – Jelang Idul Adha, Warga Diharap Teliti Dengan Perhatikan Hal Berikut – Dalam hitungan hari kaum muslim akan melakukan beribadah kurban dengan menyembelih sapi atau domba. Sebelum beli, masyarakat diharap cermat dengan memerhatikan hal tersebut.

Kadispangtan Kota Bandung Elly Wasliah menyampaikan tiap-tiap hewan kurban yang sehat serta wajar akan dikasihkan kalung spesial sesudah lolos kontrol dari Satgas Pemeriksa Hewan Kurban Kota Bandung.

” Yang sehat itu bermakna tidak bisa berpenyakit seperti matanya jernih, suhu normal, kulit mulus tidak berpenyakit serta hidung juga mulut sehat, ” tutur Elly di kantornya, Senin (6/8/2018).

Sesaat untuk persyaratan wajar, hewan kurban akan disaksikan dari sisi umur. Untuk sapi minimum sudah berusia dua tahun dengan diikuti tgl gigi depan serta domba minimum berumur setahun.

” Teliti juga jangan pernah ada cacat contoh kakinya pincang, sundul harus juga dua sama testis juga dua, ” tuturnya.

Tidak kalah terpenting, kata Elly, masyarakat mesti menghadapi ada pelaku pedagang yang melakukan perbuatan curang dengan memalsukan kalung sinyal hewan kurban wajar serta sehat.

Elly menyampaikan masyarakat mesti cermat dengan lihat tahun yang tercantum dalam kalung. Spesial tahun ini kalung bertanda 2018. ” Janganlah beli hewan kurban yang kalungnya tahun 2017. Karena banyak yang memakai kalung sehat tahun tempo hari. Jadi mesti disaksikan 2018, ” katanya.

Diluar itu Elly mengimbau supaya masyarakat pastikan hewan yang dibelinya menggunakan kalung sampai tempat arah bahkan juga sebelum waktu penyembelihan berjalan.

” Kami mengimbau pada masyarakat yang lihat ada pedagang hewannya belumlah dicheck dapat secara langsung melapor. Kita minta partisipasinya dengan mengemukakan lewat 081221610805, ” tuturnya.

Pihaknya mengharap dengan langkah antisipasi semacam itu jumlahnya hewan kurban yang tidak sehat serta tidak wajar pada tahun ini dapat menyusut. Karena tahun lantas dari 5. 313 sapi yang ada, 84 ekor salah satunya dinyatakan tidak sehat serta dari 20. 948 ekor domba, sekitar 1. 794 ekor salah satunya juga dinyatakan tidak sehat.