Ganjar Diperiksa Bawaslu Terkait Pengumpulan Kepala Daerah Di Solo

Ganjar Diperiksa Bawaslu Terkait Pengumpulan Kepala Daerah Di Solo – Tubuh Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng periksa Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dalam pengecekan dicecar 20 pertanyaan sekitar pengumpulan 31 Kepala daerah se-Jateng untuk support pasangan Calon presiden nomer 01 Jokowi-Maaruf di satu hotel di Solo 26 Januari 2019 saat lalu.

“Seputar 1,5 jam 20 pertanyaan barusan. Ya pokoknya sekitar aktivitas pengumpulan beberapa kepala daerah. Pertanyaannya seperti siapa yang miliki ide acara itu? Bagaimanakah cara mengundang? Adakah pemanfaatan sarana negara dalam acara itu?” Kata Ketua Bawaslu Jateng Fajar Saka kala di konfirmasi merdeka.com, Jumat (15/2).

Ia menyebutkan waktu ini pihaknya belum pula dapat menyimpulkan adakah unsur pelanggaran pemilu dalam aktivitas itu. Hasil dari pengecekan kelak dalam rapat pleno sebelum 21 Februari kelak.

“Kita kumpulkan hasil klarifikasi dari Bawaslu kabupaten serta kota. Baru itu putuskan dengan divisi penyidikan,” katanya.

Ganjar menuturkan saat dikontrol dengan menjawab pertanyaan dari petugas Bawaslu Jateng. “Tidak paham berapakah banyaknya pertanyaannya,” tukasnya.

Kala di tanya, pertanyaan Bawaslu mengundang Kepala daerah dalam deklarasi itu di Solo menjadi apakah, Ganjar menuturkan dengan cara detil. “Saya memang ngundang mereka, namun bukan menjadi kemampuan kepala daerah namun kader partai simpatisan Jokowi. Saya undang ikut kebetulan hari libur,” tutup Ganjar.