Hari Pahlawan Tidak Sekedar Untuk Dikenang

Hari Pahlawan Tidak Sekedar Untuk Dikenang – Selamat hari pahlawan, Bun! Bicara perihal hari pahlawan, si kecil sudah mengetahui belum juga histori serta arti hari pahlawan? Khusus lho buat anak jelas moment bersejarah di negaranya sendiri agar kedepannya anak lebih menyintai serta menjunjung tanah airnya.

Buku histori kemungkinan sangat ruwet buat menuturkan hari pahlawan ke anak. Nah, di bawah ini berbagai perihal perihal hari pahlawan yg dapat Bunda berikan ke anak dalam bahasa yg lebih simpel.

1. Histori hari pahlawan

Pasti anak-anak sudah mengetahui ya, Bun, Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Semenjak tanggal 1 September 1945 Pemerintah Republik Indonesia mensyaratkan bendera merah putih dikibarkan di semua lokasi Indonesia. Namun, di tanggal 19 September 1945 Belanda justru mengibarkan benderanya yg berwarna merah, putih, serta biru di Hotel Yamato, Surabaya. Masalah ini pasti membuat pemuda Surabaya geram. Mereka merobek warna biru serta cuma tersisa warna merah putihnya saja.

Hari pahlawanHari pahlawan/ Photo: Getty Images
2. Perlawanan di Surabaya

Semenjak pemuda Surabaya merobek warna biru di bendera Belanda, berlangsung perseteruan senjata pada Indonesia dengan negara sekutu. Pada 29 Oktober 1945, sebetulnya Indonesia serta negara sekutu telah setuju buat berdamai. Tapi, besoknya jenderal Inggris, Mallaby, didapati wafat di mobilnya yg terbakar sebab terserang granat. Kian geramlah pihak sekutu, khususnya Inggris.

Pada 10 November, tentara Inggris mengerjakan serangan besar-besaran di Surabaya. Mereka mengebom gedung-gedung disana. Pertumpahan darah juga terjad. Ada kira-kira 6 hingga 16 ribu pejuang Indonesia yg gugur ketika itu. Dan, 200 ribu masyarakat sipil mesti mengungsi dari Surabaya. Moment perang senjata berikut ini sebagai asal mula peringatan hari pahlawan, Bun.

3. Arti hari pahlawan

Hari pahlawan tidak sekedar buat dikenang. Berikan pada anak kalau mereka mesti selalu semangat serta tidak mudah menyerah seperti beberapa pejuang. Ini trik sangat simpel buat menjunjung layanan beberapa pejuang.

Jangan pernah kita sia-siakan kemerdekaan yg sulit payah di rebut beberapa pahlawan ya, Bun. Pada hari pahlawan ini, Bunda dapat tularkan anak buat lebih menyintai tanah air.