KPU Diharapkan Wapres JK Bersikap Jujur, Adil Juga Transparan

Agen Casino

KPU Diharapkan Wapres JK Bersikap Jujur, Adil Juga Transparan – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengharapkan Komisi Penentuan Umum (KPU) serta seluruhnya jajarannya di daerah bisa kerja dengan baik, jujur, adil serta transparan saat menjalankan proses rekapitulasi pencapaian nada.

“Ya kita bersukur jika pemilu ini berjalan dengan baik, dengan terbuka, dengan jujur. Kita semuanya pun menginginkan KPU (kerja) dengan baik, dengan jujur, dengan adil serta transparan,” kata Wakil presiden JK saat wawancara dengan stasiun tv swasta nasional di Jakarta, Rabu (17/4).

Berkenaan respon semasing calon presiden pada hasil kalkulasi cepat oleh beberapa instansi survey, JK menjelaskan baik Joko Widodo atau Prabowo Subianto saling tunggu hasil hitungan sah oleh KPU.

“Segalanya baik. Pak Prabowo memohon (segalanya) tenang biarpun pasti masihlah lihat angan-angan sesudah itu. Pak Jokowo pasti terasa baik, tetapi tetap tunggu KPU di hitungan selanjutnya,” tuturnya.

Diwaktu masa hitungan serta rekapitulasi pencapaian nada, Wakil presiden pun minta seluruhnya pihak buat turut mengamati proses rekapitulasi pencapaian nada oleh deretan KPU, baik di tingkat tempat pungutan suara (TPS), kecamatan, kabupaten-kota, propinsi serta KPU RI.

“Kita mengharapkan terhadap orang buat terima hasil pemilu ini dengan sebaik-baiknya, namun terus mengamati prosedurnya yang baik. Dengan demikian demokrasi akan berjalan baik serta kita mempunyai negara yang baik,” katanya.

Hitungan pencapaian nada pileg serta pemilihan presiden di 809.563 TPS berjalan saat dua hari sejak mulai hari pungutan suara, Rabu, sampai Kamis (18/4). Sesudah itu, rekapitulasi dijalankan setahap di mulai dari tingkat kecamatan (18 April – 4 Mei), kabupaten-kota (22 April – 12 Mei), propinsi (22 April – 12 Mei) serta selesai di KPU RI (25 April – 22 Mei).