Momen Bulan Suci Ramadan Jadi Waktu Yang Pas Buat Ke-2 Tim Paslon damai

Agen Casino

Momen Bulan Suci Ramadan Jadi Waktu Yang Pas Buat Ke-2 Tim Paslon damai – Ketua Umum Ikatan Intelektual Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie menjelaskan ada optimisme untuk berlangsungnya rekonsiliasi di antara ke-2 tim pasangan calon peserta Pemilihan presiden 2019, Joko Widodo-Ma’ruf Amin serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hal tersebut dikatakan Jimly selesai hadiri pertemuan tertutup di antara Wakil Presiden Jusuf Kalla serta beberapa tokoh agama, tokoh warga serta pakar hukum tata negara di Tempat tinggal Dinas Wakil presiden di Jakarta, Kamis malam (23/5).

“Dari diskusi barusan, ada optimisme. Saya tak perlu menyebutkan begitu detil tetapi pada umumnya saya mengemukakan ada keinginan rekonsiliasi itu akan berlangsung,” kata Jimly selesai pertemuan seperti diambil Di antara.

Momen bulan suci Ramadan menurut dia jadi waktu yang pas buat ke-2 tim paslon untuk membuat kedamaian serta persatuan bangsa sesudah beberapa waktu terpecah sebab ketidaksamaan preferensi politik.

Ketetapan Paslon 02 untuk melayangkan tuntutan konflik hasil penentuan umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi, kata Jimly, jadi sikap yang pantas dihargai.

Diluar itu juga, ada kemauan baik dari calon presiden Prabowo Subianto untuk berjumpa calon presiden petahana Joko Widodo walau belum bertemu waktu yang pas, kata bekas ketua MK itu.

“Pertama, tim 02 telah memutuskan ketetapan akan tempuh jalan hukum. Ke-2, kekuatan terdapatnya rekonsiliasi dengan berjumpa, meskipun waktunya belum saat ini, tetapi ada optimisme. Jadi dua ini, saya pikir dapat turunkan kemelut,” kata Jimly yang sempat juga memegang jadi ketua Dewan Kehormatan Pelaksana Pemilu (DKPP).

Tidak hanya Jimly, ada dalam pertemuan tertutup itu bekas wakil presiden Try Sutrisno, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mukti, bekas ketua MK Mahfud MD, Hamdan Zoelva, Din Syamsuddin, Agus Widjojo, Amirsyah Tambunan, serta Jenderal Pol (Purn) Bambang Hendarso Danuri.

Ada juga Menteri Agraria serta Tata Ruangan (ATR) Sofyan Djalil, Menteri Pendayagunaan Perangkat Negara serta Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pertemuan itu berjalan tertutup sepanjang kira-kira tiga jam, dari mulai jam 20.30 WIB sampai 23.30 WIB.