Pria Sidoarjo Buktikan Kreativitas Sangat Bernilai, Dengan Cara Ini

Agen Casino

Pria Sidoarjo Buktikan Kreativitas Sangat Bernilai, Dengan Cara Ini – M Rizal (44) menunjukkan jika kreatifitas begitu berharga. Sekarang miniatur karya Rizal dibanderol di harga juta-an Rupiah bahkan juga buah dari kreativitasnya itu telah tiba ke Jerman.

“Ada dua negara asing yang tetap pesan miniatur suvenir yaitu Jerman serta Brunei Darussalam. Jika keuntungan yang pasti, modal pembuatan miniatur kurang lebih paling murah Rp 200 ribu sampai juta-an. Lalu di jual dengan keuntungan seputar 100 sampai 200 %,” kata Rizal pada detikcom di tempat tinggalnya di Perum Grand City Park, Blok KA nomer 20 Sukolegok, Kelurahan Suko Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Minggu (24/2/2019).

Rizal serius menekuni seni miniatur semenjak 2008. Atau sesudah dia akan memutuskan mundur menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Dengan bekal ketrampilan yang Rizal bisa dengan otodidak, dia yakin diri meniti usaha yang bermula dari hobinya membuat miniatur. Rizal menceritakan, di awal-awal upayanya dia seringkali membuat miniatur seperti kereta api, jembatan, crane, tower serta rel kereta.

“Mulai tahun 2013 konsentrasi pada pembuatan miniatur suvenir sebab yang berupa suvenir banyak pemesanan,” tutur Rizal.

Menurut dia, pembuatan miniatur suvenir mempunyai tingkat kesusahan yang termasuk tinggi. Memerlukan kesabaran lebih sebab miniatur ditangani dengan taraf 1 : 87 (HO). Dia memberikan, miniatur untuk suvenir umumnya banyak dipesan beberapa entrepreneur serta perusahaan BUMN.

Dia meneruskan, type miniatur suvenir mesti memakai bahan baku resin sama hardener dari impor. Menurut dia jika memakai bahan lokal, miniatur itu gampang putus serta pecah. Tidak hanya resin serta hardener, Rizal pun memerlukan bahan baku yang lain seperti kayu, karet, plastik serta bermacam warna cat.

Pembuatan sebuah miniatur suvenir memerlukan waktu 4 sampai 5 hari. Sekarang ini Rizal tengah kerjakan pesanan 100 miniatur mobil tangki BBM type aftur, yang gagasan akan dituntaskan dalam tempo 4 bulan.

“Miniatur mobil tangki BBM type aftur yang dipesan oleh salah satunya BUMN ini di banderol Rp 900 ribu per biji. Gagasan pesanan itu sekitar 100 biji,” tambah Rizal.

Riza mengakui banyak mendapatkan pesanan akan tetapi sampai sekarang ini dia masih tetap terhalang tenaga kerja. Harga miniatur pun bergantung ukuran. Untuk ukuran tengah umumnya dibanderol di harga Rp 1 juta.

“Jika ada yang pesan miniatur diorama dengan ukuran tengah dibanderol Rp 1 juta per miniatur. Akan tetapi jika ada yang pesan ukuran besar, lebih dari Rp 1 juta bergantung pemesan,” ujarnya.