Ridwan Kamil Ajak Instansi Kepala Daerah Waspada Bencana Alam Di Wilayahnya

Ridwan Kamil Ajak Instansi Kepala Daerah Waspada Bencana Alam Di Wilayahnya – Gubernur Ja-bar Ridwan Kamil memperingatkan banyak kades, lurah, camat sampai ketua RT serta RW buat tingkatkan kewaspadaan pada kekuatan musibah alam di wilayahnya. Karena sekarang ini intensitas hujan mulai bertambah.

“Musim hujan telah turun, monitor perkotaan yang sifatnya (banjir) cileuncang serta nonperkotaan yang sifatnya banjir bandang,” kata pria yang akrab dipanggil Emil ini di Gedung DPRD Ja-bar, Jumat (9/11/2018).

Seperti didapati, beberapa daerah di Ja-bar terdampak musibah banjir serta longsor. Satu diantaranya musibah banjir bandang yang menerjang daerah Kabupaten Tasikmalaya.

Gara-gara musibah itu enam orang dinyatakan wafat serta beberapa ratus rumah di tiga kecamatan ialah Cipatujah, Karang Nunggal serta Culamega, terendam gara-gara luapan air sungai.

Tidak cuma merendam rumah masyarakat, banjir bandang itu menggerus Jembatan Sungai Ciandum, di Kecamatan Cipatujah. Oleh karena itu, akses dari Kabupaten Garut ke arah Kabupaten Tasikmalaya serta demikian sebaliknya terputus.

Lalu ada gerakan tanah yang mengintimidasi kurang lebih 48 rumah masyarakat di Kabupaten Bandung Barat. Diluar itu banjir mengenangi rumah masyarakat di Kabupaten Bandung serta Kabupaten Pangandaran

“Minta kades, RT, RW, lurah, camat ikut siaga serta siapkan kontingensi rencana, bantuan-bantuan serta gagasan aksi,” ujar Emil.