Warga Terpencil di Batang Tak Akan Nyoblos Karena Jauh dari TPS

Warga Terpencil di Batang Tak Akan Nyoblos Karena Jauh dari TPS – Masyarakat Kampung Sigandul di Batang akan memutuskan akan tidak turun gunung buat mencoblos besok. Mereka tinggal cukuplah jauh dari TPS tempat mereka didaftar dalam DPT, hingga dipandang menyusahkan apabila mesti turun tinggalkan desa.

Permasalahan masyarakat Sigandul saat ini memang mengantung demikian saja. Kampung yg terdapat di di lereng sabuk pegunungan dieng diapit Gunung Prau serta Gunung Gondomayit ini dengan sah udah dihapus lantaran ada di daerah riskan petaka longsor. Tapi masyarakat yg awalnya udah dipindahkan, saat ini kembali duduki tempat mereka yg lama di Sigandul.

Administrasi kependudukannya juga jadi berganti. Awalnya mereka yaitu masyarakat Desa Mojotengah, Kecamatan Reban, sama dengan yg tercantum di KTP mereka sampai saat ini. Tapi saat ini, meskipun duduki tempat yg sama, mereka dimasukkan menjadi masyarakat Dusun Bintoro Mulyo, Desa Prenten, Kecamatan Bawang.

Ada kira-kira 150 masyarakat dewasa di kampung itu. Tapi mereka akan memutuskan akan tidak memakai hak pilihnya apabila TPS tetap menginduk di Desa Prenten Kecamatan Bawang, yg cukuplah jauh dari tempat tinggal mereka.

“Kita semalem musyawarah setuju tidak untuk pilih apabila tak ada TPS di sini,” kata Eko Fitriyanto waktu dihubungi, Senin (16/4/2019).

“Dahulu penentuan gubernur serta bupati ada TPS di tempat ini, saat ini joq tak ada. Jadi kita setuju hasil dari musyawarah semalem kita tidak dapat milih apabila di dusun sini tak ada TPS,” imbuhnya.

Menyikapi sikap dari masyarakat Dusun Sigandul, Wakil Bupati Batang, Suyono, menuturkan dapat mengupayakan maksimum biar seluruhnya masyarakatnya memakai hak pilih. “Kalaupun bab penentuan, masukan saya ya gunakan TPS jemput bola biar masyarakat Sigandul dapat memakai hak pilihnya,” kata Suyono.

TPS jemput bola ini, menurut Suyono, begitu efisien serta sama dengan permohonan masyarakat biar ada TPS di dusun ditempat. “Kelak dapat kita input ke KPU bab ini,” imbuhnya.

Tapi Ketua KPU Kabupaten Batang, Nur Tofan, bergerak. “TPS Sigandul menginduk di Bintoro Mulyo (Desa Prenten-Bawang), lantaran kependudukanya disana serta kita input ke situ DPT-nya,” kata Nur waktu dihubungi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*