Dieng Culture tetatp Di Adakan Meski Kawah Habis Meletus

Agen Casino

Dieng Culture tetatp Di Adakan Meski Kawah Habis Meletus – Meletusnya Kawah Sileri yang berada di Desa Kepakisan Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara akan tidak memengaruhi gagasan perhelatan Dieng Culture Festival VIII (DCF VIII) 2017.

Agenda wisata serta budaya itu tetaplah dikerjakan di Komplek Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, 4 – 6 Agustus 2017 yang akan datang.

Ketua Paguyuban Wisata Dieng Pandawa, yang Ketua DCF VIII, Alif Fauzi, menyebutkan, letak Kawah Sileri cukup jauh dari zone paling utama lokasi wisata Dieng, yaitu sekitaran 6 km..

Diluar itu, Kawah Sileri di kenal sering meletus dengan type letusan freatik atau keluarkan lumpur serta embusan asap belerang yg tidak beresiko.

” Ini kan jadi ramai karna banyak wisatawan yang tengah bertandang. Itu masih tetap waktu libur lebaran 2017, ” tuturnya, Senin (3/7).

Menurut Alif, Kawah Sileri ada di zone dua atau lokasi penyangga. Dengan hal tersebut, meskipun berlangsung insiden, tidak akan punya pengaruh dengan segera pada kawan wisata paling utama.

Dia malah mengatakan insiden di Kawah Sileri ini dapat jadi daya tarik sendiri. Seperti Kawah Sikidang yang letaknya lebih dekat dengan komplek Candi Arjuna. Kawah ini malah menarik untuk wisatawan karna letupan-letupan lumpur kawah yang berpindah-pindah, mirip lompatan kijang.

” Tidaklah perlu cemas, yang pasti aman. Namun kami dengan lembaga berkaitan juga tetaplah memonitor dengan alat pengukur zat belerang di kawah. Jadi yang kami ukur bukanlah gas beracun tetapi kandungan belerang, ” terang Alif.

Berdasarkan riwayatnya, sambung dia, Kawah Sileri juga bukanlah adalah kawah yang mempunyai histori keluarkan gas beracun. Itu sebab, kawah ini dinyatakan aman, walau sering meletus, mulai taraf kecil sampai tengah, seperti yang berlangsung saat ini.

Alif menyebutkan, Dieng Culture Festival th. 2017 ambil topik ” The Spirit of Culture ” adalah rangkaian dari beberapa acara. Salah satunya Ritual Cukur Rambut Gembel, Akustik Atas Awan, Kirab Budaya, Parade Kesenian, Pesta Lampion, Expo UKM serta Purwaceng. Tempat aktivitasnya, semua di fokuskan di Komplek Candi Arjuna, Dieng, Kabupaten Banjarnegara.

” DCF ini kan jadi agenda tahunan Dinas Pariwisata serta Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara. Bahkan juga saat ini telah jadi agenda nasional, ” tuturnya.

(I)