Federico Macheda Menyesal Abaikan Saran Sir Alex Ferguson

Federico Macheda Menyesal Abaikan Saran Sir Alex Ferguson – Federico Macheda sempat pernah digadangkan sebagai striker hari depan Manchester United. Tapi, profesinya terbenam sebab meniadakan arahan Sir Alex Ferguson.

Pada 5 April 2009, MU sedang ketinggal 1-2 dari Aston Villa pada pertandingan minggu ke-31 Liga Inggris 2008/2009. Setan Merah diperlukan kemenangannya pada The Villains untuk jaga status pucuk dari teror Liverpool.

Pada keadaan sukar ini, Eksekutif Manchester United waktu itu, Sir Alex Ferguson, malahan masukkan pemuda 17 tahun namanya Federico Macheda untuk menukar Luis Nani pada menit ke-61. Permainan judi Ferguson ini berbuah keanehan.

MU dapat mengimbangi posisi lewat Cristiano Ronaldo pada menit ke-80. Macheda yang dengan status pemain kariran jadi pahlawan lantaran golnya pada menit akhir untuk bawa MU menang 3-2.

Namanya langsung melesat waktu itu. Manalagi, dia kembali dapat membuat gol di pertandingan selanjutnya waktu hadapi Sunderland.

MU jadi juara pada musim itu dengan diberikan bumbu epos Macheda. Dia lalu digadangkan sebagai striker hari depan The Red Devils.

Ferguson yang ketahui benar kapabilitas besar Macheda selanjutnya menyarankannya untuk dipinjam sama sama-sama club Inggris. Soal ini biar Macheda memperoleh menit main dan cowok berasal dari Skotlandia ini tetap mengawasinya.

Tapi, Macheda mau tunjukkan diri di Italia. Macheda yang waktu itu berumur 19 tahun menunjuk tergabung ke Sampdoria pada 2011 dengan posisi utang. Ketetapannya untuk meniadakan arahan Ferguson sekarang demikian disesalkan oleh Macheda.

Karena berpindahnya ke Sampdordia malahan jadi awal mula penurunan karir Macheda. Macheda terbenam dalam penekanan sebab ekspekstasi besar yang diembannya.

“Ferguson menjelaskan ke saya tidak untuk datang ke Italia. Ia merekomendasikan saya untuk dipinjam sama Inggris biar ia dapat memantau saya,” tutur Macheda dilansir dari Football Italia.

Saya menanggapinya mudah: ‘Sekarang saya akan utang, saya akan tunjukkan diri dan balik lagi ke sini'”

“Saya menunjuk untuk pulang, ke negara saya, dan tanda-tangani kontrak dengan Sampdoria. Saya menampik maksud lain.”

“Selanjutnya (Giampaolo) Pazzini dipasarkan dan seluruhnya harapan dipikul pada saya. Saya merupakan orang anak yang tiba dari United, namun saya tidak paham teknik bertanggung jawab itu?”

“Saya belumlah sempat lihat pemain berumur 19 tahun dapat selamatkan club. Alternatif saya salah dan Sir Alex betul,” katanya.

Selesai dari Sampdoria, Macheda dipinjami kembali oleh MU ke banyak club seperti QPR, VFB Stuttgart, Doncaster dan Bermingham. Dia lalu dilepaskan secara free transfer ke Cardiff City pada 2014. Sempat pernah ke Novara, Macheda yang sekarang berumur 29 tahun bela Panathinaikos.