Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Di Anggap Cepat Tanggap Dalam Penanganan Bencana

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Di Anggap Cepat Tanggap Dalam Penanganan Bencana – Pemerintah Propinsi tempat tinggal sesaat (huntara) untuk korban gempa di Petobo Baru, Palu Selatan Kota Palu. Cara barusan mendapatkan animo dari beberapa pihak sebab Jateng ialah pemerintah daerah pertama yang ikut bangun huntara di Palu.

Kepala BPBD Propinsi Jawa Tengah, Sarwa Pramana menjelaskan pembangunan 100 unit huntara atau ‘Kampung Jateng’ di Patebo Palu telah tuntas dikerjakan. Bukan sekedar rumah, di tempat itu ikut dibuat sarana lainnya seperti tempat MCK, sanitasi komplet dan air bersih.

“Memang sudah sempat jadi viral, sebab baru pertama-tama ada pemerintah daerah yang bangun huntara di tempat itu,” tutur Sarwa, dalam info tercatat, Senin (22/10/2018).

Menurut Sarwa, di tempat itu baru Pemprov Jateng yang bangun huntara. Respon penduduk juga begitu ketertarikan serta mengatakan terima kasih karenanya ada huntara itu.

“Mereka begitu suka serta bersukur, ditambah lagi tempo hari tempat huntara didatangi pak Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Panglima TNI, Kapolri serta petinggi terpenting hingga banyak dibicarakan ,” imbuhnya.

Untuk 100 huntara yang sudah dibuat itu, semua telah digunakan oleh penduduk seputar sebagai korban musibah alam. Pihaknya memberi persyaratan spesial buat penerima pertolongan huntara, yaitu keluarga yang mempunyai bayi serta balita, lansia (lanjut usia), ibu hamil, dan penduduk yang turut menolong pembangunan huntara.

Bukan sekedar itu, pihaknya ikut membidik ada pembangunan-pembangunan sarana umum yang lain yang diperlukan.

“Kelak saya tujukan Kabupaten/Kota se-Jateng yang ingin menolong untuk bangun masjid serta fasilitas yang lain,” imbuhnya.

Sarwa memberikan, pembangunan huntara di Palu itu adalah bentuk kepedulian dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang tetap tanggap pada peristiwa musibah yang berlangsung di beberapa daerah. Ganjar, papar Sarwa, ikut tetap ada di daerah musibah untuk memberi pertolongan moril ataupun materiil.

Selain itu, Kepala Pusat Data, Info serta Humas Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengapresiasi langkah Pemrov Jateng yang sudah mempelopori pemerintah daerah dalam bangun huntara di Palu.

Lewat account alat sosialnya, Sutopo memberikan pujian pada pembangunan huntara oleh Pemprov Jateng. Bahkan juga, dia minta beberapa Gubernur di daerah lainnya terdorong hatinya bangun huntara buat korban musibah gempa serta tsunami di Palu.

Sutopo bahkan juga tuliskan dua status di situs Twitter resminya. Statusnya yang pertama memvisualisasikan bila keadaan Palu telah mulai turun hujan.

“Langit gelap serta nada gludug di angkasa mengisyaratkan akan hujan di Palu. Huntara “Kampung Jateng” jadi rumah yang nyaman serta jadi teduh hati buat pengungsi korban gempa. Kalau Gubernur lainnya ikut terdorong hatinya menolong bangun huntara di Palu akan begitu bermakna,” catat Sutopo di account Twitternya @Sutopo_PN.

Diluar itu, Sutopo ikut tuliskan status yang lain berbunyi Pemda Jawa Tengah bangun 100 unit huntara diperlengkapi dengan sarana umum (air bersih, MCK, sanitasi) untuk korban musibah di Palu. Beberapa ribu huntara masih tetap dibutuhkan untuk pengungsi di Sulteng. Mudah-mudahan Pemda lainnya turut menolong. Terima kasih Jawa Tengah @ganjarpranowo.

Cuitan Sutopo itu mendapatkan beberapa ratus retweet, like dan komentar dari beberapa warganet. Diantaranya dari account @dr_ajad.

“Wah saat ini di Palu ada Jateng heuheuheu. Mudah-mudahan Jateng dapat berada di mana-mana kembali menolong masyarakat yang memerlukan,” tulisnya.

Ada juga komentar yang memberikan pujian pada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Contohnya account @pandjimbon yang tuliskan Pak Ganjar niki ibarate. “Sepi ing pamrih, ramai ing gawe,” tulisnya.

Diluar itu, banyak juga beberapa ratus komentar yang memberikan pujian pada orang nomer satu di Jawa Tengah itu atas kepedulian pada korban musibah gempa serta tsunami di Palu.

Ganjar ikut meretweet status Sutopo lewat account pribadinya@ganjarpranowo. “Mudah-mudahan faedah…” catat Ganjar.

Awal mulanya, Ganjar berkunjung ke Palu dengan cara langsung pada Senin (15/10/2018) kemarin. Tidak hanya untuk memonitor team relawan Jateng yang ada di Palu, Ganjar ikut ada untuk memberi pertolongan pada penduduk sebagai korban musibah gempa serta tsunami itu. Diluar itu ikut berjumpa langsung Gubernur Sulawesi Tengah Longko Djanggola untuk menyerahkan pertolongan.

Untuk menolong pemulihan, penduduk Jawa Tengah sudah kirim pertolongan lebih dari Rp 2 miliar. Diluar itu ikut mengirim sekitar 160 relawan dari beberapa unsur untuk menolong penduduk Palu.