Jamal Khashoggi Jenasahnya Di Buang Kemana

Jamal Khashoggi Jenasahnya Di Buang Kemana – Seseorang petinggi senior Arab Saudi mengutarakan jenazah wartawan Jamal Khashoggi dibungkus dengan karpet selesai meninggal dicekik di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki. Ada seseorang masyarakat lokal yang ditugaskan buang jenazahnya. Dibuang ke manakah?

Seperti dikutip Reuters, Senin (22/10/2018), info paling baru yang dibeberkan seseorang petinggi senior Saudi yang malas dimaksud identitasnya, memberi vs berlainan masalah kematian Khashoggi, yang disadari Arab Saudi meninggal dalam perkelahian di Konsulat Saudi di Istanbul.

Petinggi senior Saudi ini memaparkan jika Khashoggi meninggal dicekik waktu diintimidasi team spesial dari Saudi yang ditugaskan untuk menculiknya. Team spesial itu dimaksud berupaya merayu Khashoggi untuk pulang ke Saudi, akan tetapi pada praktiknya justru membunuhnya.

Saat Khashoggi menampik pulang ke Saudi serta bicara dengan suara makin tinggi, team Saudi itu cemas serta menentramkan Khashoggi dengan mencengkeramnya di leher dari belakang (chokehold) sekalian tutup mulutnya. “Mereka berupaya mencegahnya (Khashoggi-red) berteriak, tetapi ia meninggal. Tujuannya bukan untuk membunuhnya,” ucap petinggi senior Saudi ini.

Sesudah Khashoggi meninggal di konsulat, team spesial itu ambil aksi untuk menutupi tindakan mereka. Dijelaskan petinggi senior Saudi ini jika team spesial dari Saudi itu membungkus jenazah Khashoggi dalam suatu karpet atau permadani serta membawanya keluar konsulat dengan satu kendaraan diplomatik.

Di luar Konsulat Saudi, jenazah Khashoggi diserahkan pada seseorang ‘kooperator lokal’ untuk dibuang. Tempat pembuangan tidak diungkapkannya. Awal mulanya, dalam info terpisah, Menteri Luar Negeri Saudi, Adel al-Jubeir, mengakui pihaknya tidak tahu dimana jenazah Khashoggi sekarang ini.

Ditambahkan petinggi senior Saudi ini jika ahli forensik Saudi, Salah Tubaigy, berupaya menghilangkan tiap-tiap jejak dari insiden ini.

Menurut petinggi senior Saudi itu, sang ‘kooperator lokal’ yang ditugaskan buang jenazah Khashoggi adalah seorang yang tinggal di Istanbul. Petinggi senior ini malas mengutarakan asal kewarganegaraan sang ‘kooperator lokal’ itu.

Ditambahkan petinggi senior Saudi ini jika beberapa penyidik Turki tengah mencari tempat pembuangan jenazah Khashoggi itu.

Dengan terpisah dalam info pada Reuters, beberapa petinggi Turki menyebutkan beberapa pembunuh Khashoggi disangka buang jenazahnya ke dua tempat yang diduga. Tempat pertama berada di lokasi rimba Belgrad di pinggir Istanbul. Tempat ke-2 berada di ruang pinggir dekat kota Yalova, yang berjarak dari 90 km. samping selatan Istanbul.

Waktu lalu, otoritas Turki dilaporkan lakukan penelusuran di dua tempat itu. Dari hasil penelusuran itu belumlah diumumkan ke publik. Akan tetapi dijelaskan petinggi senior Saudi ini jika beberapa penyidik Turki kemungkinan akan temukan jenazah Khashoggi ‘tidak lama lagi’.