Perayaam HUT RI, Warga Situbondo Kampanyekan Kali Bersih

Perayaam HUT RI, Warga Situbondo Kampanyekan Kali Bersih – Perayaan HUT RI ke-73 tahun ini digunakan oleh masyarakat Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Situbondo untuk mengkampanyekan mengenai kebersihan sungai. Salah satunya dengan mengadakan beberapa lomba di tepian serta saluran sungai.

” Tidak hanya tingkatkan kerukunan serta perasaan nasionalisme masyarakat, perayaan Agustusan ini dapat untuk mensupport program pemerintah supaya masyarakat tetap mengawasi kebersihan saluran sungai. Karena itu, tempatnya kita pilih di tepian serta saluran sungai, ” kata Yossi, Ketua Panitia Lomba Agustusan ditempat, Senin (6/8/2018).

Kampanye yang dikerjakan tidak cuma berbentuk tulisan tapi juga menggerakkan masyarakat untuk lebih perduli pada sungai di sekelilingnya, seperti saran tidak untuk buang sampah ke sungai.

Bermacam type lomba yang diselenggarakan juga termasuk unik. Untuk masyarakat dewasa, ada lomba dayung dengan ban sisa, lomba merias istri dengan mata tertutup serta lomba memasak. Sedang untuk anak-anak, panitia mengadakan lomba membaca teks pancasila, lomba menjepit balon sekalian berjalan, serta lomba makan kerupuk.

Semua diselenggarakan di tepian serta saluran sungai RT 01 RW 03 Lingkungan Parse Kelurahan Dawuhan Kecamatan Situbondo. Masyarakat juga ketertarikan ikuti perlombaan maupun melihat.

Akan tetapi yang sangat unik merupakan lomba merias istri dengan mata tertutup. Namanya saja dengan tanpa lihat, tentunya hasil riasan suami juga jadi berantakan di muka sang istri. Bahkan juga ada suami yang salah memoleskan lipstik ke hidung istri atau menggambar alis dengan berantakan.

Tidak heran, banyak pemirsa juga terpingkal-pingkal saat lomba ini berjalan. Bahkan juga, beberapa istri yang dirias tidak dapat sembunyikan gelak tawanya.

” Ambhu Mas, jhek lipenne beih. Duh, teppak ka elong lah ya. (Telah mas, janganlah diberi lipstik selalu. Duh, ini sampai terkena ke hidung, red), ” tandas seseorang peserta bernama Lewat pada suaminya, lantas ketawa.

Menariknya lagi, hasil riasan suami ini tidak bisa dihapus sampai mereka tuntas ikuti lomba memasak sekalian bergoyang. Acara perayaan Agustusan ini ditutup dengan acara tasyakuran masyarakat atas kemerdekaan RI, yang diselenggarakan sampai Minggu (5/8) semalam.