Tarif Import Product Cina Di Perluas Oleh Menteri Perdagangan AS

Tarif Import Product Cina Di Perluas Oleh Menteri Perdagangan AS – Wakil Perdagangan AS Robert Lighthizer menyampaikan tarif import produk dari Cina akan diperluas. Masuk putaran perang dagang setelah itu, AS akan meningkatkan tarif import dari 10% jadi 25%.
Petinggi senior pemerintahan Presiden AS Donald Trump, Robert Lighthizer menyampaikan hari Rabu (1/8), tarif import yang diusulkan sejumlah $ 200 miliar untuk produk dari Cina akan dinaikkan dari 10 % jadi 25 %, dalam usaha ” menggerakkan ” Cina untuk merubah kebijakan perdagangannya.

Pemerintahan Donald Trump berkilah langkah itu mempunyai tujuan menggerakkan pergantian kebijakan Cina pada perlindungan kekayaan intelektual, transfer tehnologi serta subsidi untuk industri tehnologi tinggi.

Langkah ini adalah kelanjutan perang dagang pada AS dengan Cina semenjak Presiden Donald Trump menginformasikan awal tahun ini, jika AS akan mengaplikasikan sangsi tarif import pada komoditi baja serta aluminium serta mengaplikasikan tarif penambahan pada beberapa barang Cina yang lain.

Petinggi masalah Perdagangan AS Robert Lighthizer menyampaikan di Twitter jika aksi itu merupakan usaha ” menekan Cina hentikan praktek tidak adil, buka pasarnya, serta turut dalam pertarungan pasar yang sebetulnya. “

Dia memberikan jika ” alih-alih merubah tingkah laku berbahayanya, Cina sudah dengan ilegal membalas langkah AS yang beresiko pada pekerja, petani, peternak serta usaha AS. “

Robert Lighthizer menuturkan, ” dengan meningkatkan tarif sampai 25 % pemerintahan Trump mempunyai pilihan penambahan untuk menggerakkan China merubah kebijakan serta tingkah laku beresiko serta mengambil kebijakan yang akan ke arah pasar yang lebih adil serta kemakmuran buat semua masyarakat kami. “

Kebijakan Donald Trump memperlancar perang dagang dengan Cina sudah membuatnya berselisih dengan anggota partainya sendiri serta komune usaha AS, yang mengatakan kemarahan mereka mengenai kebijakan proteksionis serta mengingatkan konsekuensi negatif buat ekonomi AS.

Menjadi tanggapannya, Gedung Putih berjanji lakukan dengar saran mengenai tarif import yang diusulkan, termasuk juga dengar saran dari publik serta mengambil keputusan pengecualian. Periode dengar saran akan diselenggarakan sampai September, kata beberapa petinggi.

Cina belumlah menyikapi kenaikan tarif import paling baru ini. Akan tetapi pasar saham global bereaksi negatif serta bursa jatuh hari Rabu, sesudah menyebar berita mengenai gagasan tarif import penambahan AS.