Terjadinya Kebakaran Hutan Gunung Ciremai

Terjadinya Kebakaran Hutan Gunung Ciremai – Kebakaran saat 14 hari di lokasi rimba Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, sudah menghanguskan area seluas 1.310 hektare.

“Lokasi rimba Ciremai yang terbakar sesaat diprediksikan seluas kira-kira 1.310 hektare, api telah bisa dipadamkan,” kata Kepala Pelaksana Tubuh Penanggulangan Musibah Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin di Kuningan, Minggu, 14 Oktober 2018.

Dia menjelaskan kebakaran lokasi TNGC pertama didapati pada Minggu, 30 September 2018, seputar jam 12.00 WIB dan BPBD dibantu TNI, TNGC, penduduk, serta relawan langsung berjalan ke tempat untuk lakukan pemadaman.

Akan tetapi, api dari waktu ke waktu gagal dipadamkan sebab sulitnya medan serta semak belukar yang telah jadi kering hingga gampang terbakar. Team kombinasi ikut melawan masalah berbentuk arah angin yang beralih-alih. “Api telah bisa dipadamkan dengan manual di hari Sabtu, 13 Oktober 2018, jam 16.00 WIB,” tuturnya.

Dalam kurun waktu 14 hari, team kombinasi selalu berusaha mematikan api yang meluas dengan memakai alat seadanya serta dengan beberapa langkah, diantaranya “gopyok” dan pembuatan sekat bakar.

Pada Sabtu, BNPB menerjunkan helikopter pengebom air untuk menolong team kombinasi dalam mematikan api. Sekarang ini masih tetap dikerjakan pembasahan area yang terbakar untuk pastikan tidak ada kepulan asap.

“Besok Senin, 15 Otober 2018, pembasahan area kebakaran memakai water bombing diteruskan dan penyisiran area kebakaran oleh personil TNGC untuk pastikan tidak lagi ada kepulan asap,” kata Agus